Windows OEM Term

Windows OEM Term

Transfer Lisensi
Perangkat lunak OEM tidak dapat di transfer ke komputer lain, sekalipun jika PC, laptop atau server tidak dalam kondisi digunakan atau jika perangkat lunak telah di hapus dari perangkat kerasnya, lisensi OEM telah terhubung ke perangkat dimana perangkat lunak pertamakali di pasang.

Microsoft Office dan Terminal Service
Versi OEM dari Microsoft Office tidak dapat di pasang dalam Terminal Service atau lingkungan remote desktop. Ketika memasang Microsoft Office dalam lingkungan Terminal Service, lisensi Microsoft Office harus dibeli terpisah memalui perjanjian Microsoft Volume Licensing.

Re-imaging
Hak Re-imaging adalah keuntungan yang diberikan Microsoft Volume Licensing kepada pelanggan, pelanggan Volume Licensing, dapat melakukan re-image software apapun asalkan mereka memiliki lisensi resmi termasuk perangkat lunak OEM Microsoft menggunakan media Volume licensing.

Penggantian Hardware
Mainboard atau motherboard adalah perangkat penentu, apakah lisensi baru sistem operasi Microsoft Windows diperlukan atau tidak. Upgrade maupun penggantian atas mainboard/motherboard mengharuskan pengguna membeli lisensi baru untuk sistem operasi yang akan digunakan, yang harus cocok dengan nomor seri mainboard. Sederhananya, penggantian mainboard menyebabkan lisensi OEM menjadi tidak berlaku, dan harus membeli lisensi OEM yang baru.

Pelanggan Volume Licensing
Lisensi sistem operasi desktop Microsoft Windows yang dibeli melalui program Microsoft Volume Licensing adalah upgrade dan membutuhkan lisensi Windows OEM sebelumnya(yang telah terpasang pada komputer)

 

Hak Downgrade

Microsoft Office
lisensi OEM Microsoft Office tidak memberikan hak untuk downgrade, untuk setiap lisensi resmi Microsoft Office, software assurance dapat dibeli dalam rentang waktu 90 hari melalui perjanjian Volume Licensing. Software assurance menyediakan hak downgrade, hak penggunaan untuk pribadi, untuk keperluan pelatihan, dan lainnya. Sejak rilis Microsoft Office 2010, tidak lagi tersedia versi OEM untuk setiap Micrososft Office.

Microsoft Windows Server
Lisensi Windows Server OEM tidak menyediakan hak downgrade.

Informasi Tambahan:
Perangkat lunak OEM tidak dapat dan tidak boleh di transfer ke mesin/laptop/server/perangkat lain.

  1. Perangkat lunak OEM telah terhubung ke mesin dimana perangkat lunak OEM dipasang, mesi perangkat keras/mesin tersebut tidak dipakai
  2. Perangkat lunak OEM dan perangkat keras yang terpasang perangkat lunak OEM dapat digunakan oleh siapapun.

ketika akan memindahkan kepemilikan atas komputer/server/laptop kepada pengguna lain, software media(DVD/CD), buku manual(jika ada) dan Certificate of Authenticity(COA) harus disertakan, sebisa mungkin invoice atau tagihan juga disertakan. Pengguna lama tidak dapat menggandakan software OEM tersebut